Tuesday, November 22, 2011

Teknik Tracing Menggunakan Corel Draw




Dalam bidang Grafis, Tracing berarti proses menggambar  ulang suatu illustrasi dengan acuan/aturan tertentu menggunakan tool-tool digital dengan bantuan computer. Ada beberapa cara membuat sebuah design dalam Corel Draw, salah satunya adalah teknik Tracing. Dengan menggunakan teknik Tracing kita bisa membuat atau meniru sebuah gambar/objek dengan cepat dengan detil-detil yang sesuai.

Tutorial ini sangat mudah dan cepat, saya akan menjelaskan secara detail mulai dari memasukan gambar hingga pengaturannya.  Yang kita perlukan hanyalah kesabaran , ketrampilan dan jiwa seni. Dalam tutorial ini kita akan mengilustrasikan teknik dasar tracing dengan menggunakan CorelDraw secara cepat. Ayo kita mulai.. Hehehe...
Sebelum kita melakukan proses tracing hal utama yang perlu kita ketahui adalah teknik-teknik shaping seperti berikut :


Weld
Merupakan teknik penyatuan 2 objek atau lebih menjadi sebuah objek. Teknik ini tidak dapat dipisah/ungroup karena semua titik node saling menyatu.


Intersect
Merupakan teknik pembuatan objek hasil persinggungan antara 2 objek yang anda seleksi.

Kemudian Buat sebuah bangun kotak dengan Rectangle Tool untuk menutupi objek yang akan kita Tracing dan beri warna putih pada bangun tersebut.
Untuk mempermudah proses tracing  kita harus menyamarkan warna image agar tidak terlalu terang saat di Tracing. Dengan cara klik bangun tersebut kemudian klik Effect > Lens > Transparency..
Kemudian atur transparency Rate nya, semakin rendah nilainya semakin samar warna image tersebut.  Artinya semakin samar maka semakin mudah image tersebut untuk kita Tracing. Kali ini saya mengaturnya menjadi 30. Lalu klik Apply..
LANGKAH KEDUA : TRACING IMAGE
Langkah berikutnya adalah proses Tracing, dalam proses ini sangat dibutuhkan konsentrasi dan ketelitian serta kesabaran yang tinggi agar hasil tracing menjadi sempurna.
Pertama buat sebuah kotak untuk mentrace bagian dasar kepala, kemudian untuk menambah titik-titik sudutnya klik kanan > Convert To Curve..  atau bisa juga menggunakan ctrl+C+Q..
Garis bangun disebut juga dengan garis curve.
 Lalu buat beberapa titik sudut dengan meng klik 2x pada garis bidang tersebut hingga muncul segitiga plus  kemudian tarik titik-titik tersebut pada bagian ujung-ujung image yang akan kita tracing.
 Awalnya ini
Akhirnya jadi begini..
Kemudian kita blok semua titik-titik curvenya lalu klik icon Convert Line To Curve pada property bar hingga bentuk menyerupai image yang kita tracing.

Berikutnya ulangi  langkah yang sama seperti di atas hingga semua bagian ter-tracing dengan sempurna.
Kemudian  gunakan teknik shaping Trim pada bagian berikut.
Gunakan teknik shaping intersect pada bagian berikut ini.
Setelah semua gambar selesai di tracing jangan lupa mengunlock image yang kita tracing dengan cara yang sama yaitu klik kanan > Unlock Object..
Kemudian lanjutkan dengan proses pewarnaan sesuai dengan selera masing-masing.
Jika pewarnaan sudah selesai kunci objek dengan cara blok semua objek > klik kanan > group..
Inilah hasil akhirnya.. Selamat mencoba..!!!

No comments:

Post a Comment