Wednesday, October 31, 2012

Cara Mengganti Huruf partisi Hardisk


 " Gimana Sih Caranya Mengganti Huruf Di Partisi ?? " Itulah pertanyaan yang diajukan oleh teman saya kepada saya,
dan saya jawab BISA !!!, bagi teman 2 yg belum tahu berikut ini adalah penjelasannya.

Yang dimaksud Mengganti Huruf Drive Letter Partisi Harddisk adalah mengubah urutan dari partisi yang ditandai dengan huruf, karena ini sering terjadi saat menginstall Windows ulang atau melakukan recovery, setelah selesai, urutan partisi hardisk berubah tidak seperti sebelum dilakukan install ulang, kadangkala drive DVD-RW atau CD-RW tidak berada di akhir urutan. 
Meskipun hal ini tidak berpengaruh pada kinerja komputer atau laptop, namun sering membuat bingung atau setidaknya kurang nyaman, serasa ada yang cacat. Kejadian ini sebenarnya disebabkan ada partisi hardisk yang belum di format saat menginstall windows, sampai selesai installasi.
 
Solusi untuk mengubahnya ada beberapa pilihan. Jika menggunakan aplikasi mungkin bisa menggunakan
 Partition Manager dan sejenisnya, namun kalau tanpa tools tambahan bisa, kenapa mesti menggunakan? karena sebenarnya Windows (XP maupun Vista) sudah memiliki fasilitas mengubah drive letter ini, termasuk melakukan format partisi yang tidak terdeteksi oleh Windows Explorer.
Caranya sebagai berikut:
1.     Buka Control Panel
2.     Pilih Administrative Tools
3.     Pilih Computer Management
4.     Di bagian storage, pilih Disk Management
5.     Akan ditampilkan formasi partisi hardisk kita. Termasuk partisi yang belum diformat
6.     Untuk mengubah Drive Letter, klik kanan partisi yang diinginkan atau CD-ROM dan pilih menu Change Drive Letter and paths
7.     Di Window yang tampil pilih change, dan ganti nama drive yang tersedia
Langkah Pengerjaan mengubah huruf Partisi Hardisk 
Untuk mengubah drive letter-nya yaitu menukar, maka tidak bisa langsung diganti, karena kalau drive letter sudah dipakai partisi lain kita tidak bisa mengubahnya langsung. Misalnya kita ingin mengganti drive D: menjadi E: (misal ada 3 partisi C:, D:, E:), maka sebelum mengganti D: menjadi E: kita harus ubah dulu E: ke nama lain, misalnya X:, baru kita ubah D: ke E:, setelah itu baru X: kita ubah ke E:. Intinya tukar nama yang dilakukan harus melewati proses ganti nama salah satu drive yang akan ditukar namanya (drive letter-nya) menjadi huruf yang lain yang tidak dipakai, dan ini hanya untuk sementara dalam proses
 Mengganti Huruf Drive Letter Partisi Harddisk.

Sederhana bukan caranya? tidak perlu mencari driver device hardware segala. Semoga bermanfaat.
 

No comments:

Post a Comment